1.
Komunikasi bisnis adalah
pertukaran gagasan, pendapat, informasi, instruksi yang memiliki tujuan
tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui simbol - simbol
atau sinyal. Dalam komunikasi bisnis terdapat enam unsur pokok,
yaitu :
-
Memiliki tujuan, artinya komunikasi
bisnis harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan
tujuan organisasi.
-
Pertukaran, dalam hal ini melibatkan
paling tidak dua orang atau lebih yakni komunikator dan komunikan.
-
Gagasan, opini, informasi, instruksi
merupakan isi dari pesan yang bentuknya beragam tergantung tujuan, situasi, dan
kondisinya.
-
Menggunakan saluran personal atau
impersonal yang mungkin bersifat tatap muka, menggunakan media tertentu atau
melalui media yang menjangkau jutaan orang secara bersamaan.
-
Meggunakan simbol atau sinyal yang
merupakan alat atau metode yang dapat dimengerti atau dipahami oleh penerima
untuk menyampaikan pesan.
-
Pencapaian tujuan organisasi: salah
satu karakteristik yang membedakan organisasi atau lembaga formal dari
informasi adalah adanya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.
2.
Komunikasi Organisasi dapat
didefinisikan sebagai pertunjukkan dan penafsiran pesan di antara unit-unit
komunikasi yang merupakan bagian suatu organisasi tertentu. Komunikasi
organisasi terjadi kapan pun, setidak-tidaknya satu orang yang menduduki suatu
jabatan dalam suatu organisasi menafsirkan suatu pertunjukkan.
Di dalam komunikasi organisasi ada proses –
prosesnya yaitu :
-
Komunikasi Internal
Pertukaran
gagasan di antara para administrator dan karyawan dalam suatu perusahaan, dalam
struktur lengkap yang khas disertai pertukaran gagasan secara horisontal dan
vertikal di dalam perusahaan, sehingga pekerjaan berjalan [operasi dan
manajemen]
-
Komunikasi Eksternal
Komunikasi
antara pimpinan organisasi [perusahaan] dengan khalayak audience di
luar organisasi.
3.
Komunikasi Administrasi
adalah penyampaian pesan secara timbal balik diantara anggota untuk menumbuhkan
saling pengertian dalam rangka mencapai tujuan organisasi secara effektif dan
effisien.
- Proses penggunaan lambang sekelompok orang /lebih.
- Proses penggunaan lambang sekelompok orang /lebih.
-
Komunikasi antar pesonal.
-
Sebagai proses / dilakukan dalam
rangka kerjasama. “ Give and take” timbal balik / bilateral.
-
Penggunaan lambang bersama – sama oleh
anggota organisasi.
-
Komunikasi yang bersifat internal.
-
Komunikasi yang berorientasi pada
tujuan organisasi yang efektif dan effisien
4.
Iklan
untuk dapat menjual hasil produksinya secara luas kepada masyarakat konsumen
yang tidak terbatas setiap pengusaha tentu berusaha mempengaruhi jumlah
permintaan akan barang-barang hasil produksi perusahaannya dengan memanfaatkan
faktor-faktor marketing mix yang harus dikuasai setiap pengusaha meliputi
unsur-unsur :
- perencanaan produksi
- penentuan merek dagang
- perencanaan produksi
- penentuan merek dagang
-
penentuan bentuk kemasan
-
kebijaksanaan harga
-
penyusunan saluran penjualan
-
penjualan secara pribadi
-
periklanan dan promosi
Iklan bisnis dapat terbagi atas:
1. Iklan bisnis industri
Yang dimaksud dengan iklan bisnis industri adalah iklan yang ditujukan kepada kalangan bisnis dan industri awan. Yang diharapkan dari kalangan tersebut ialah penggunaan secara langsung hasil suatu industri atau kemampuannya untuk mempengaruhi relasi bisnis atau industrinya untuk menggunakan produk tertentu.
2. Iklan bisnis dagang
Iklan yang ditujukan kepada kalangan pedagang ( umumnya berupa pedagang kecil, pedagang keliling, pedagang eceran ) yang diharapkan dapat membeli langsung hasil produksi suatu industri kemudian dapat diperdagangkan lagi kepada relasinya apakah itu pedagang ataupun konsumen.
3. Iklan bisnis professional
Adalah yang ditujukan kepada kalangan profesional untuk memperkenalkan barang, jasa yang secara khusus hanya dipergunakan oleh kalangan tersebut. Yang dimaksud profesional adalah mereka yang bekerja berdasarkan suatu etik dan aturan-aturan serta norma-norma profesi tertentu. Misalnya guru, dosen, dokter, insiyur, akuntan, pengacara, ahli mesin, dan lain-lain.
1. Iklan bisnis industri
Yang dimaksud dengan iklan bisnis industri adalah iklan yang ditujukan kepada kalangan bisnis dan industri awan. Yang diharapkan dari kalangan tersebut ialah penggunaan secara langsung hasil suatu industri atau kemampuannya untuk mempengaruhi relasi bisnis atau industrinya untuk menggunakan produk tertentu.
2. Iklan bisnis dagang
Iklan yang ditujukan kepada kalangan pedagang ( umumnya berupa pedagang kecil, pedagang keliling, pedagang eceran ) yang diharapkan dapat membeli langsung hasil produksi suatu industri kemudian dapat diperdagangkan lagi kepada relasinya apakah itu pedagang ataupun konsumen.
3. Iklan bisnis professional
Adalah yang ditujukan kepada kalangan profesional untuk memperkenalkan barang, jasa yang secara khusus hanya dipergunakan oleh kalangan tersebut. Yang dimaksud profesional adalah mereka yang bekerja berdasarkan suatu etik dan aturan-aturan serta norma-norma profesi tertentu. Misalnya guru, dosen, dokter, insiyur, akuntan, pengacara, ahli mesin, dan lain-lain.
Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar