Perencanaan
Strategis : Membuat dan
Melaksanakan
Rencana Pemasaran
1. Hakikat
perencanaan strategis
Perencanaan
strategis merupakan proses manajerial untuk mengjasilkan dan mempertahankan
kesesuaian antara sasaran dan sumber daya organisasi dengan peluang pasar
yangbtimbul.
Tujuan
perencanaan strategis ;
- untuk
menghasilkan laba dan pertumbuhan jangka panjang
- untuk
pengambilan suatu keputusan dengan membutuhkan komitmen atas sumber daya secara
jangka pendek.
Kesalahan
dalam membuat strategi dapat mengancam kelangsungan hidup perusahaanm
sebaliknya, perencanaan strategis yang baik dapat membantu melindungi sumber
daya perusahaan memproteksi sumber dayanya terhadap desakan persaingan.
Hakikat
perencanaan strategis ;
- memahami
pentingnya marketing strategi dan mengetahui garis besar rencana pemasaran.
- memahami
dan bekerja sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai bersama.
- rencama
pemasaran memudahkan kita untuk mengkaji tentang lingkungan pemasaran serta
cara kerja karyawan perusahaan.
- setelah
rencana pemasaran dibuat, bisa dijadikan sebagai acuan bagivkeberhasilan
aktivitas perusahaan dimasa mendatang.
- rencana
pemasaran memudahkan manajer pemasaran untuk masuk ke pasar dengan kesadaran
akan berbagai kemungkinanbdanbmasalah yang mungkin dihadapi.
2. Proses
pemasaran
A.
Unsur-unsur rencana pemasaran
Perusahaan
memerlukan rencana pemasaran karena ruang lingkup rencana pemasaran sangat luas
dan kompleks.
Tiga
elemen yang terdapat dalam semua rencana pemasaran ;
a.
Penentuan misi dan sasaran perusahaan
b.
Melakukan analisis situasi
c.
Menggambarkan pasar yang dituju dan menetapkan komponen-komponen bauran
pemasaran
B. Rencana
pemasaran atau Marketing plan
Perencanaan
adalah proses mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi dimasa datang dan
menentukan strategi yang harus digunakan untuk mencapai sasaran dimasa depan.
Perencanaan
pemasaran mencakup upaya mendesain kegiatan yang berhubungan dengan sasaran pemasaran
dan perubahan lingkungan pemasaran.
Perencanaan
pemasaran adalah dasar untuk semua strategi dan keputusan pemasaran.
Rencana
pemasaran adalah dokumen twrtulis yang berlaku sebagai buku petunjuk atas semua
kegiatan pemasaran yang harus dijalankan oleh manajer pemasaran.
C. Alasan
membuat rencana pemasaran
- rencana
pemasaran dapat menjadi dasar bagi pihak manajemen guna melakukan perbandingan
antara kinerja yang diharapkan dengan kinerja nyata yang telah dicapai.
- rencana
pemasaran tertulis menjelaskan semua kegiatan yang membantu para karyawan dalam
elemen-elemen yang mungkin dalam rencana pemasaran, seperti ; anggaran, jadwal
pelaksanaan, upaya-upaya penelitian pemasaran yang diperlukan, elemen-elemen
dari perencamaan pemasaran
D.
Penulisan rencana pemasaran
Pembuatan
dqn penerapan suatu rencana pemasaran yang lengkap akan membuatborganisasi
mampubmencapai sasaran pemasaran dan akhirnya sukses. Akan tetapi, rencana
pemasaran hanya akan bermanfaat sbatas informasi yang terkandung didqlamnya serta
upaya, kreativitas, dan pemikiran yang ada didalam pembuatan rencanabtersebut.
Contoh
penulisan rencana pemasaran ringkas :
1. Misi
perusahaan
2.
Sasaranbpemasaran
3.
Analisis situasi (SWOT)
-
Strengths atau kekuatan
- Weakness
atau kelemahan
- Opportunities
atau peluang
- Threats
atau ancaman
4.
Pemilihan pasar yang dituju
5. Bauran
pemasaran (produk, harga, distribusi, promosi)
6.
Implementasi
Pentingnya
memiliki sistem informasi pemasaran yang baik dan sejumlah besar informasi
tentang persaingan sangat penting untuk menganalisis situasi secara cermat dan
akurat. Peran intuisibmanajerial juga penting dalam menciptakan dan menentukan
strategi pemasaran. Manajer harus mempertimbangkan setiap informasi dari segi
keakuratannya dan jugavmempertimbangkan saat mengambil pkeputusan dibidang
pemasaran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar