Minggu, 09 Juni 2013

Komunikasi Pemasaran



A. Pengertian

komunikasi pemasaran adalah salah satu kegiatan pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan maupun produk agar bersedia menerima, membeli, dan setia kepada produk yang ditawarkan produsen.
pada kenyataannya tidak semua konsumen mengetahui bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhannya atau tidak menyadari adanya produk yang mampu memenuhi kebutuhannya. konsumen mungkin akan aktif mencari informasi tersebut. pada sisi lain, produsen menyadari situasi tersebut sehingga berusaha mengirim dan menyebarkan informasi tentang produk (adanyabproduk baru, manfaat dan kegunaan produk, harga, dimana dan kapan dapat dibeli, dsb) kepada mereka.


B. Proses komunikas

komunikasi adalah proses penyampaian pesanbyang merupakan gagasan atau informasi pengirim melalui suatu media kepada pihak pemerima agar mampu memahami maksud pengirim.
tiga unsur pokok dalam struktur proses komunikasi adalah ;
1.pelaku komunikasi
pengirim adalah komunikatorvyang menyampaikan pesan. penerima adalah puhak penerima pesan.
 2. material komunikasi
gagasan adalah materi pokok yang hendak disampaikan pengirim.
pesan adalah himpunan berbagai simbol (oral, verbal, atau nonverbal) dari suatu gagasan. pesan hanya dapat dikomunikasikan melalui suatu media.
media adalah pembawa pesan komunikasi.
response adalah reaksi pemahaman atas pesanbyang diterima oleh pemerima.
feed-back adalah pesan umpan-balik dari sebagian atau keseluruhan reapon yang dikirim kembali oleh penerima.
noise adalah gangguan atau hambatan dalambproaes komunikasi
3. proses komunikasi
proses penyampaian pesan (dari pengirim kepada penerima) maupun pengirim kembali
respon (dari penerima kepadavpengirim) akan memerlukan dua kegiatan, yaitu :
encoding adalah proses merancang atau merubah gagasan secara simbolik menjadi suatu pesan untuk disampaikan kepada penerima.
decoding adalah proses menguraikan atau mengartikan simbol sehingga pesan yang diterima menjadikan suatu pemahaman.


C. perencanaan komunikasi pemasaran

agar komunikasi pemasaran efektif, perlu dipertimbangkan ;
1. penetapan tujuan dan respon komunikasi
2. penentuan sasaran komunikasi
3. rancangan pesan dan media komunikasi
4. pengembangan promotional mix
5. penyusunan anggaran
6. evaluasi dan pengendalian komunikasi


D. tujuan dan respon komunikasi

tujuan komunikasi adalah untuk ;
1. menyebarkan informasi +komunikasi informatif). misalnya tentang produk, harga, diatribusi, dsb.
2. mempengaruhi untuk melakukan pembelian atau menarik konsumen pesaing untuk beralih merk (komunikasi persuasif)
3. mengingatkan audienbuntuk melakukan pembelian ulang (komunikasi mengingatkan kembali)

respons penerima komunikasi meluliputi ;
1. efek kognitif membentuk kesadaran informasi tertentu.
2. efek afeksi, memberikan pengaruh untuk melakukan sesuatu, yang diharapkan adalah realisasi pembelian.
3. efek konatif atau perilaku, membentuk pola audien menjadi perilaku selanjutan.yang diharapkan adalah pembelian ulang.

tujuan komunikasibdan respon ausien berkaitan denganbtahap-tahap dalam respon pembelian. tahap-tahap dalam proses pembelian ;
1. menyadari produk yang ditawarkan.
2. menyukai dan berusaha mengetahui lebih lanjut.
3. mencoba untuk menbandingkan dengan harapannya.
4. mengambil tindakan membeli atau tidak membeli.
5. tindak lanjut membeli kembali atau pindah merk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar