Selasa, 22 Januari 2013

PPC - komputerisasi peranggaran


PPC adalah alat yang digunakan manajemen untuk melakukan kegiatan perencanaan atau planning dan controling.
Proses PPC adalah pengendalian dan perencanaan laba terpadu dari suatu proses yang dibuat untuk membantu manajemen secara efektif untuk melakukan fungsi perencanaan dan pengendalian.


Model PPC mencangkup :
1. Pembuatan dan aplikasi tujuan umum dan untuk organisasi.
2. Tujuan perusahaan
-   Tujuan umum
a. Financial : memperoleh keuntungan
b. Konsumen : membuat konsumen puas terhadap produk
c. Pemilik modal : perusahaan mewujudkan hubungan yang baik dengan pemilik modal.
-  Tujuan khusus
a. Financial : untuk mengolah pendapatan menjadi modal yang terus berputar
b. Konsumen : menyediakan prodak yang berkualitas
c. Pemilik modal
3. Pembuatan rencana laba jika panjang atau strategis secara urutan.
4. Pembuatan rencana laba jika pendek secara taktis menurut tanggung jawab yang dilimpahkan.
5. Pembuatan suatu sistem laporan untuk kerja berkala menurut tanggung jawab.
6. Pembuatan prosedur.

Konsep PPC
Garis besar konsep dasar PPC :
A. Proses yang mencakup perencanaan, pengaturan, staffig, pengarahan, dan pengendalian.
B. Komitmen manajemen terhadap partisipasi manajemen dari semua tingkat dalam organisasi.
C.Struktur organisasi yang dengan jelas menunjukkan pelimpahan wewenang dan tanggung jawab manajemen pada semua tingkat organisasi.
D. Proses perencanaan manajemen (tujuan umum, tujuan khusus, bentuk perencanaan strategis)
E. Proses pengendalian manajemen.
F. Koordinasi yang berkelanjutan dan konsisten dari semua fungsi manajemen.
G. Umpan baik dan umpan ke muka, dan perencanaan ulang melalui saluran komunikasi yang telah ditetapkan.
H. Perencanaan laba strategis atau  jangka panjang.
I. Perencanaan laba taktis atau jangka pendek.
J. Sistem akuntansi pertanggung jawaban.
K. Penggunaan prinsip pengecualian yang berkelanjutan.
L. Program manajemen yang memperhatikan faktor tingkah laku (komunikasi, dorongan)

Perencanaan manajemen dengan menggunakan PPC.
- tujuan utama perencanaan manajemen adalah untuk memberikan suatu proses umpan ke depan untuk operasi.
Pengendalian actual dibandingkan dengan rencana
 
Operasi kegiatan yang sebenarnya atau transformasi sumber daya.
 
Perencanaan, tujuan
sasaran
 
-                                     Umpan                                                 Pengulangan
                                      Kemuka                                                Evaluasi














 



    Perencanaan ulang


 

                                                              Umpan balik



Dimensi waktu dalam PPC
A. Carkawala perencanaan
Mengacu pada waktu yang akan datang dimana manajemen harus membuat rencana ((sampai sejauh mana (jangka waktu) rencana tersebut dibuat atau dilakukan)).
B. Berkaitan dengan penentuan waktu kegiatan rencana.

Pengendalian manajemen menggunakan PPC.
A. Untuk memastikan pencapaian tujuan, sasaran dan standar perusahaan.
B. Pengendalian mempunyai banyak segi. Seperti, pengawasan langsung, ungkapan lisan, memorandum tertulis, dan laporan kinerja.
C. Perencanaan dan pengendalian laba terpadu menekankan pada laporan.

Adaptasi organisasi terhadap PPC
A. Program perencanaan dan pengendalian laba terpadu bertumpu pada struktur organisasi yang sehat dan pembagian wewenang dan tanggung jawab yang jelas.
B. Tujuan struktur organisasi dan pelimpahan wewenang adalah untuk membentuk kerangka dalam mencapai tujuan pemisahal dengan cara yang baik dan berkelanjutam.
C. Pisat pertanggung jawaban diklasifikasikan :
- pusat biaya
- pusat pendapatan
- pusat laba
- pusat investasi

Koordinasi menggunakan PPC
Koordinasi adalah sinkronisasi atau penyelarasan tindakan perorangan dengan tujuan akhir setiap sub-unit organisasi dengan memperhatikan semua sub-divisi dan cara terpadu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar