A.
Pengertian
komunikasi
pemasaran adalah salah satu kegiatan pemasaran yang berusaha menyebarkan
informasi, mempengaruhi, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan
maupun produk agar bersedia menerima, membeli, dan setia kepada produk yang
ditawarkan produsen.
pada
kenyataannya tidak semua konsumen mengetahui bagaimana cara untuk memenuhi
kebutuhannya atau tidak menyadari adanya produk yang mampu memenuhi kebutuhannya.
konsumen mungkin akan aktif mencari informasi tersebut. pada sisi lain,
produsen menyadari situasi tersebut sehingga berusaha mengirim dan menyebarkan
informasi tentang produk (adanyabproduk baru, manfaat dan kegunaan produk,
harga, dimana dan kapan dapat dibeli, dsb) kepada mereka.
B. Proses
komunikas
komunikasi
adalah proses penyampaian pesanbyang merupakan gagasan atau informasi pengirim
melalui suatu media kepada pihak pemerima agar mampu memahami maksud pengirim.
tiga unsur
pokok dalam struktur proses komunikasi adalah ;
1.pelaku
komunikasi
pengirim
adalah komunikatorvyang menyampaikan pesan. penerima adalah puhak penerima
pesan.
2. material komunikasi
gagasan
adalah materi pokok yang hendak disampaikan pengirim.
pesan
adalah himpunan berbagai simbol (oral, verbal, atau nonverbal) dari suatu
gagasan. pesan hanya dapat dikomunikasikan melalui suatu media.
media
adalah pembawa pesan komunikasi.
response
adalah reaksi pemahaman atas pesanbyang diterima oleh pemerima.
feed-back
adalah pesan umpan-balik dari sebagian atau keseluruhan reapon yang dikirim
kembali oleh penerima.
noise
adalah gangguan atau hambatan dalambproaes komunikasi
3. proses
komunikasi
proses
penyampaian pesan (dari pengirim kepada penerima) maupun pengirim kembali
respon (dari
penerima kepadavpengirim) akan memerlukan dua kegiatan, yaitu :
encoding adalah proses merancang atau merubah gagasan secara simbolik menjadi suatu
pesan untuk disampaikan kepada penerima.
decoding adalah proses menguraikan atau mengartikan simbol sehingga pesan yang
diterima menjadikan suatu pemahaman.
C.
perencanaan komunikasi pemasaran
agar
komunikasi pemasaran efektif, perlu dipertimbangkan ;
1.
penetapan tujuan dan respon komunikasi
2.
penentuan sasaran komunikasi
3.
rancangan pesan dan media komunikasi
4.
pengembangan promotional mix
5.
penyusunan anggaran
6.
evaluasi dan pengendalian komunikasi
D. tujuan
dan respon komunikasi
tujuan
komunikasi adalah untuk ;
1.
menyebarkan informasi +komunikasi informatif). misalnya tentang produk, harga,
diatribusi, dsb.
2.
mempengaruhi untuk melakukan pembelian atau menarik konsumen pesaing untuk
beralih merk (komunikasi persuasif)
3.
mengingatkan audienbuntuk melakukan pembelian ulang (komunikasi mengingatkan
kembali)
respons
penerima komunikasi meluliputi ;
1. efek
kognitif membentuk kesadaran informasi tertentu.
2. efek
afeksi, memberikan pengaruh untuk melakukan sesuatu, yang diharapkan adalah
realisasi pembelian.
3. efek
konatif atau perilaku, membentuk pola audien menjadi perilaku selanjutan.yang
diharapkan adalah pembelian ulang.
tujuan
komunikasibdan respon ausien berkaitan denganbtahap-tahap dalam respon
pembelian. tahap-tahap dalam proses pembelian ;
1.
menyadari produk yang ditawarkan.
2.
menyukai dan berusaha mengetahui lebih lanjut.
3. mencoba
untuk menbandingkan dengan harapannya.
4.
mengambil tindakan membeli atau tidak membeli.
5. tindak
lanjut membeli kembali atau pindah merk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar