Minggu, 09 Juni 2013

Perencanaan Strategis



Perencanaan Strategis : Membuat dan
Melaksanakan Rencana Pemasaran


1. Hakikat perencanaan strategis

Perencanaan strategis merupakan proses manajerial untuk mengjasilkan dan mempertahankan kesesuaian antara sasaran dan sumber daya organisasi dengan peluang pasar yangbtimbul.

Tujuan perencanaan strategis ;
- untuk menghasilkan laba dan pertumbuhan jangka panjang
- untuk pengambilan suatu keputusan dengan membutuhkan komitmen atas sumber daya secara jangka pendek.

Kesalahan dalam membuat strategi dapat mengancam kelangsungan hidup perusahaanm sebaliknya, perencanaan strategis yang baik dapat membantu melindungi sumber daya perusahaan memproteksi sumber dayanya terhadap desakan persaingan.

Hakikat perencanaan strategis ;
- memahami pentingnya marketing strategi dan mengetahui garis besar rencana pemasaran.
- memahami dan bekerja sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai bersama.
- rencama pemasaran memudahkan kita untuk mengkaji tentang lingkungan pemasaran serta cara kerja karyawan perusahaan.
- setelah rencana pemasaran dibuat, bisa dijadikan sebagai acuan bagivkeberhasilan aktivitas perusahaan dimasa mendatang.
- rencana pemasaran memudahkan manajer pemasaran untuk masuk ke pasar dengan kesadaran akan berbagai kemungkinanbdanbmasalah yang mungkin dihadapi.


2. Proses pemasaran

A. Unsur-unsur rencana pemasaran
Perusahaan memerlukan rencana pemasaran karena ruang lingkup rencana pemasaran sangat luas dan kompleks.
Tiga elemen yang terdapat dalam semua rencana pemasaran ;
a. Penentuan misi dan sasaran perusahaan
b. Melakukan analisis situasi
c. Menggambarkan pasar yang dituju dan menetapkan komponen-komponen bauran pemasaran

B. Rencana pemasaran atau Marketing plan

Perencanaan adalah proses mengantisipasi hal-hal yang mungkin terjadi dimasa datang dan menentukan strategi yang harus digunakan untuk mencapai sasaran dimasa depan.
Perencanaan pemasaran mencakup upaya mendesain kegiatan yang berhubungan dengan sasaran pemasaran dan perubahan lingkungan pemasaran.
Perencanaan pemasaran adalah dasar untuk semua strategi dan keputusan pemasaran.
Rencana pemasaran adalah dokumen twrtulis yang berlaku sebagai buku petunjuk atas semua kegiatan pemasaran yang harus dijalankan oleh manajer pemasaran.


C. Alasan membuat rencana pemasaran

- rencana pemasaran dapat menjadi dasar bagi pihak manajemen guna melakukan perbandingan antara kinerja yang diharapkan dengan kinerja nyata yang telah dicapai.
- rencana pemasaran tertulis menjelaskan semua kegiatan yang membantu para karyawan dalam elemen-elemen yang mungkin dalam rencana pemasaran, seperti ; anggaran, jadwal pelaksanaan, upaya-upaya penelitian pemasaran yang diperlukan, elemen-elemen dari perencamaan pemasaran


D. Penulisan rencana pemasaran

Pembuatan dqn penerapan suatu rencana pemasaran yang lengkap akan membuatborganisasi mampubmencapai sasaran pemasaran dan akhirnya sukses. Akan tetapi, rencana pemasaran hanya akan bermanfaat sbatas informasi yang terkandung didqlamnya serta upaya, kreativitas, dan pemikiran yang ada didalam pembuatan rencanabtersebut.
Contoh penulisan rencana pemasaran ringkas :
1. Misi perusahaan
2. Sasaranbpemasaran
3. Analisis situasi (SWOT)
- Strengths atau kekuatan
- Weakness atau kelemahan
- Opportunities atau peluang
- Threats atau ancaman
4. Pemilihan pasar yang dituju
5. Bauran pemasaran (produk, harga, distribusi, promosi)
6. Implementasi

Pentingnya memiliki sistem informasi pemasaran yang baik dan sejumlah besar informasi tentang persaingan sangat penting untuk menganalisis situasi secara cermat dan akurat. Peran intuisibmanajerial juga penting dalam menciptakan dan menentukan strategi pemasaran. Manajer harus mempertimbangkan setiap informasi dari segi keakuratannya dan jugavmempertimbangkan saat mengambil pkeputusan dibidang pemasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar