Sabtu, 04 Januari 2014

Jasa-jasa Bank



Jasa-jasa Bank


Jasa-jasa bank merupaka kegiatan perbankan yang dilakukan oleh suatu bank untuk memperlancar kegiatan menghimpun dana da menyalurkan dana.
1. Kiriman uang atau transfer
Yaitu jasa pengiriman uang lewat bank baik dalam kota, luar kota ataupun ke luar negeri

2. Kriling
Yaitu jasa penyelesaian hutang-piutang antar bak degan cara saling menyerahkan warkat-warkat yang akan dikrilingkan di lembaga kriling.
Tujuan dilaksanakan kriling : untuk memajukan dan memperlancar lalu lintas pembayaran giral agar perhitungan penyelesaian hutang-piutang dapat dilakukan dengan lebih mudah, aman dan efesien.
Warkat-warkat yang dapat dikrilingka atau diseslesaikan di lembaga kriling : cek, bilyet giro, wesel bank, surat bukti penerimaan transfer, nota kredit.

3. inkaso
Proses kriling atar kota, baik dalam negeri maupun luar negeri.

4. Safe Deposito Box
Merupaka jasa bank yang diberikan kepada para nasabah, yaitu berupa kotak untuk menyimpan dokumen-dokumen atau benda-benda berharga lainnya.

5. Bank Card
Merupakan kartu plastik yang dikeluarkan bank dan diberikan kepada nasabahnya untuk dapat dipergunakan sebagai alat pembayaran diberbagai tempat.
Macam-macam jenis Bank Card :
a. Charge card, suatu sistem dimana pemegang kartu harus melunasi semua penagihan yang terjadi atas dirinya sekaligus pada saat jatuh tempo.
b. credit card, suatu sistem diman apemegang kartu dapat melunasi penagihan yang terjadi atas dirinya secara angsuran pada saat jatuh tempo
c. debet card, pembayaran atas penagihan nasabah melalui pendebetan atas rekening yang ada di bank dimana pada saat membuka bank
d. smart card, berfungsi sebagai rekening terpadu
e. private label card, merupakan kartu yang diterbitkan oleh suatu bada usaha (bukan bank) dan peggunaan kartu hanya sebatas pada perusahaan yang megeluarkan.

6. Bank Note
Merupakan uang kartal asing yag dikeluarkan dan diterbikan oleh bank di luar negeri. Jual-beli bank note merupaka transaksi antara valuta yang dapat diterima pembayarannya dan dapat diperjual-belikan dan diperdagangkan kembali sesuai dengan nilai tukarnya.
Dalam transaksi jual-beli bank note ada dua macam kurs :
-          Kurs jual adalah saat bank menjual atau nasabah membeli
-          Kurs beli adalah saat bank membeli atau nasabah menjual
-           
7. Traveller Cheque
Atau disebut ce wisata/cek perjalanan yang biasanya digunaka oleh nasabah yang berpergian. Cek wisata ini biasanya diterbitkan degan nominal tertentu.
Keuntungan :
-          Memberikan kemudahan berbelanja
-          Mengurangi resiko kehilangan uang
-          Memberikan rasa percaya diri
-          dapat dijadikan  cederamata atau hadiah untuk relasi
-          biasanya tidak ada biaya apapun

8. Letter of Credit atau L/C
Adalah jasa bank yang diberikan kepada nasabah untuk memperlancar arus barang dalam kegiatan impor-ekspor

9. Bank Garansi
Adala jaminan bank dalam penyelesaian suatu proyek jika pelaksana 9kontraktor) cedera janji/ingkar. Dengan adanya bank garansi, pemilik proyek mendapat keppastian bahwa proyek akan berjalan sesuai dengan perjanjian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar