Minggu, 12 Januari 2014

Tenik pengambilan sampel

Tenik pengambilan sampel


Penentuan ukuran sampel
1. kita haarus menentukan atau merumuskan madalah dan tujuan penelitian secara jelas
2. mendefinisikan populasi yang akan menjadi cakupan dari penelitian

Cara pemilihan sample yang baik
1. sampel yang diambil adalah sampel yang benar-benar representasi atau paling mewakili seluruh populasi
2. seorang pe
neliti dalam suatu penelitian harus memperhitungkan dan memperhatikan hubungan antara waktu, biaya, dan tenaga yang akan dikeluarkan dengan presisi yang akan diperoleh sebagai pertimbangan dalam melakukan metode pengambilan sampel yang akan digunakan.

Teknik pengambilan sampel secara acak
1. secara acak
a. simple random sampling, yaitu pengambilan sampel sedemikian rupa sehingga setiap unit dasar memiliki kesempatan yang sama untuk diambil sebagai sampel.
b. stratified random sampling, yaitu pengambilan sampel yang dilakukan dengan membagi populasi menjadi beberapa strata, dimana setiap strata adalah homogen.
c. multstage random sampling, yaitu pengambilan sampel yang membagi populasi menjadi beberapa fraksi kemudian diambil sampelnya.
d. systematic random sampling, yaitu pengambilan sampel dilakukan secara berurutan dengan internal tertentu
e. cluster random sampling, yaitu dilakukan bila kita akan mengadakan suatu penelitian dengan mengambil kelompok unut dasar sebagai sampel
f. probability proporsionale to size, yaitu dengan cara PPS, variasi dari pengambilan sampel bertingkat dengan PSU besar yang dilakukan secara proporsional

2. secara tidak acak
a. accidental sampling, yaitu dilakukan secara subjektif oleh peneliti, ditinjau dari sudut kemudahan, tempat pengambilan sampel, dan jumlah sampel yang akan diambil
b. quota sampling, yaitu pengambilan sampel dengan jatah hampir sama dengan pengambilan sampel seadanya, tetapi dengan kontrol lebih baik untuk mengurangi terjadinya bias.

c. purposive sampling, yaitu berdasarkan pertimbangan bila cara pengambilan sampel dilakukan sedemikian rupa, sehingga keterwakilannya ditentukan oleh peneliti berdasarkan pertimbangan orang-orang yang telah berpengalaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar