Konsep Akuntansi Biaya
1. Akuntansi Keuagan, menghasilkan informasi perusahaan secara
keseluruhan, berorientasi pada masa lalu, mempunyai rentang waktu yang kurang
fleksibel, dibatasi oleh prinsip-prinsip akuntansi yang lazim.
2. Akuntansi Manajemen, menghasilkan informasi yang mencakup bagian
dari perusahaan, berorientasi kepada masa yang akan datang, mempunyai rentang
waktu yang fleksibel, tidak dibatasi oleh prinsip akuntansi yang lazim.
Akuntansi Biaya menghasilkan informasi biaya untuk memenuhi berbagai
macam tujuan ;
-
Untuk tujuan penentuan kos
produksi, akuntansi biaya menyajikan biaya yang telah terjadi dimasa yang lalu
-
Untuk tujuan pengendalian biaya,
akuntansi biaya menyajikan informasi biaya yang diperkirakan akan terjadi
dengan biaya yang ssesungguhnya terjadi, kemudian menyajikan analisis terhadap
penyimpangannya.
-
Untuk tujuan pengambilan keputusan
khusus, akuntansi biaya menyajikan biaya yang relevan denga keputusan yang akan
diambil, dan biaya yang relevan dengan pengambilan keputusan khusus ini selalu
berhubungan dengan biaya yang akan datang.
Akuntasi keuangan dan Akuntansi manajemen menpunyai kesamaa ;
1. merupakan sistem pengolaha informasi keuangan yang menghasilkan
informasi keuangan
2. berfungsi sebagai penyedia informasi keuagan yang bermanfaat bagi
seseorang untuk mengambil keputusan
Perbedaan antara Akuntansi keuangan dan Akuntansi manajemen :
1. Pemakaian laporan akuntansi dan tujuannya
a.
Akuntansi keuangan
ditujukan untuk
menyajika informasi keuangan bagi pemakai diluar perusahaan, seperti : pemegang
saham, kreditur, pe;anggan, para analisa keuangan, karyawan dan berbagai
instansi pemerintah. Agar mereka dapat mengambil keputusan mengenai hubungan mereka dengan perusahaan yang
bersangkutan.
b. Akuntansi manajemen
ditujukan untuk
menyediakan informasi keuanga bagi keperluan manajemen. Untuk membuat keputusan
mengenai perusahaan atau bagiannya.
2. lingkup informasi
a.
Akuntansi keuangan
lingkup informasinya
adalah mengenai perusahaan secara keseluruhan. Misal : neraca dan rugi-laba
b.
Akuntansi manajemen
lingkup informasinya
adalah menyediakan informasi yang releva mengenai bagian-bagian perusahaa.
Contoh : keputusa yang diambil oleh manajer produksi berhubungan degan penetuan
produk tertentu atau penggunaa mesin tertetu.
3. Fokus informasi
a. Akuntasi keuangan
fokus informasi yang dihasilkan adalah masa yang lalu
b. Akuntansi manajeme
fokus informasi yang dihasilkan adalah masa yang akan
datang
4. Rentang waktu
a. Akuntansi keuangan
laporan yang
dihasilkan oleh akuntansi keuanga, mencakup jangka waktu yag sudah ditetuka.
Biasanya tahunan, setenga tahunan, triwulan, bulanan.
b. Akuntasi manajemen
laporan yang
dihasilkan oleh akuntansi manajemen, sangat bervariasi, dari harian, mingguan,
bulanan bahkan mencakup 10 tahun.
5. Kriteria bagi informasi Akuntasi
a. Akuntansi keuangan
kriteria yang dominan
untuk menilai informasi yang dihasilkan adalah prinsip-prinsip akuntansi yag
lazim
b. Akutansi manajemen
akuntansi manajemen
menghasilkan informasi yang tidak dibatasi oleh prinsip-prinsip akuntansi yang
lazim. Karna informasi tersebut diperlukan oleh manajemen.
6. Disiplin sumber
a. Akuntansi keuangan
bersumber pada satu disiplin ilmu atau ilmu ekonomi
b. Akuntansi manajemen
bersumber pada dua disiplin ilmu yaitu ilmu ekonomi dan
psikologi social
7. Isi laporan
a. Akuntansi keuangan
menghasilkan laporan
keuangan periodik yang umumnya terdiri dari neraca dan laba-rugi, laporan laba
yang ditahan.
b. Akuntansi manajemen
menghasilkan laporan
keuangan untuk manajemen dan berbagai jenjang organisasi umumnya, menyajikan
informasi rinci dan mengenai bagian tertentu perusahaan
8. Sifat informasi
a. Akuntansi keuangan
informasi yang
disajikan kepada pihak luar memerlukan ketepatan yang tinggi, karena umumnya
menyangkut masa yang telah lalu. Ketidakpastian informasi untuk pihak luar akan
menyebabkan kekurang percayaan pihak luar terhadaplaporan keuangan yang
dihasilkan oleh akuntansi keuangan.
b. Akuntansi manajemen
informasi yang
dihasilkan oleh akuntansi manajemen digunakan untuk pengambilan keputusan oleh
para manajer. Pengambilan keputusan selalu menyangkut masa yang akan datang.