Selasa, 18 Desember 2012

Rencana Pemasaran


Rencana bisnis umumnya akan menguraikan seluruh bisnis Anda. Sementara, rencana pemasaran fokus secara khusus dan lebih rinci pada satu fungsi yakni pemasaran. Ketika pemilik bisnis ingin menyelam lebih dalam ke strategi pemasaran, mereka kemungkinan besar akan menyusun rencana rinci yang menguraikan tujuan pemasaran mereka - dan juga langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang telah ditargetkan.

Komponen standar dari rencana pemasaran yang efektif dapat bervariasi tergantung pada siapa Anda bertanya. Berikut ini kami rekomendasikan lima langkah proses membuat rencana pemasaran yang akan membantu Anda mencapai pertumbuhan bisnis.

Langkah pertama: Lihatlah ke dalam Pikirkan perusahaan Anda seolah-olah seseorang dengan kepribadian dan identitas yang unik. Dengan pemikiran tersebut, buatlah daftar terpisah yang mengidentifikasi kekuatan, kelemahan dan tujuan bisnis Anda. Lakukan dengan jujur. Jangan mengedit atau menolak sesuatu yang ada.

Lalu, temukanlah prioritas di antara poin-poin tersebut. Jika Anda sudah melakukan hal ini, Anda akan dapat melihat mana yang bisa dilakukan dan mana yang harus ditunda.

Langkah kedua: Lihatlah ke luarDaftar berikutnya Anda harus membuat garis besar peluang dan ancaman bisnis Anda. Peluang dapat mencakup pasar baru, produk baru dan tren yang mendukung bisnis Anda. Ancaman termasuk kompetisi dan kemajuan teknologi yang membuat Anda harus mengikuti perkembangan.

Langkah ketiga: Fokus pada strategiSekarang saatnya untuk menarik daftar Anda bersama-sama. Carilah persimpangan identitas unik Anda dan target pasar Anda. Dalam hal penawaran bisnis Anda, apa yang bisa Anda hilangkan dari daftar karena tidak strategis? Kemudian berpikir untuk tidak fokus dalam mendapatkan konsumen yang tidak menjadi target pasar Anda.

Misalnya, bisnis restoran yang terfokus pada kesehatan dengan sajian makanan organik yang mungkin akan melayani lebih banyak orang yang selaras dengan tren hijau. Jadi, Anda mungkin dapat menyingkirkan orang yang lebih memilih makan makanan cepat saji seperti hamburger dan pizza.

Hasil dari langkah ini, Anda akan mempersempit fokus untuk apa yang paling sejalan dengan identitas Anda dan yang paling menarik bagi target pasar Anda.

Langkah keempat: Mengatur langkah terukurDapatkan sampai ke detail yang konkret dan terukur. Strategi pemasaran Anda harus menjadi rencana yang meliputi review bulanan, pelacakan dan pengukuran, perkiraan penjualan, anggaran biaya untuk kemajuan pelacakan.

Langkah kelima: Tinjau dan revisi
Sama seperti dengan rencana bisnis Anda, rencana pemasaran Anda harus terus berkembang bersama dengan bisnis Anda. Asumsi Anda akan berubah, sehingga beradaptasi dengan perubahan bisnis. Beberapa bagian dari rencana tersebut juga akan bekerja lebih baik daripada yang lain, sehingga meninjau dan merevisi sangat krusial.

Referensi :
www.mochyusuf13.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar