Rencana bisnis umumnya akan menguraikan seluruh bisnis Anda. Sementara, rencana pemasaran
fokus secara khusus dan lebih rinci pada satu fungsi yakni pemasaran. Ketika
pemilik bisnis ingin menyelam lebih dalam ke strategi pemasaran, mereka
kemungkinan besar akan menyusun rencana rinci yang menguraikan tujuan pemasaran
mereka - dan juga langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang telah
ditargetkan.
Komponen standar
dari rencana pemasaran yang efektif dapat bervariasi tergantung pada siapa Anda
bertanya. Berikut ini kami rekomendasikan lima langkah proses membuat rencana
pemasaran yang akan membantu Anda mencapai pertumbuhan bisnis.
Langkah pertama:
Lihatlah ke dalam Pikirkan perusahaan Anda seolah-olah seseorang dengan
kepribadian dan identitas yang unik. Dengan pemikiran tersebut, buatlah daftar
terpisah yang mengidentifikasi kekuatan, kelemahan dan tujuan bisnis Anda.
Lakukan dengan jujur. Jangan mengedit atau menolak sesuatu yang ada.
Lalu, temukanlah
prioritas di antara poin-poin tersebut. Jika Anda sudah melakukan hal ini, Anda
akan dapat melihat mana yang bisa dilakukan dan mana yang harus ditunda.
Langkah kedua:
Lihatlah ke luarDaftar berikutnya Anda harus membuat garis besar peluang dan
ancaman bisnis Anda. Peluang dapat mencakup pasar baru, produk baru dan tren
yang mendukung bisnis Anda. Ancaman termasuk kompetisi dan kemajuan teknologi
yang membuat Anda harus mengikuti perkembangan.
Langkah ketiga:
Fokus pada strategiSekarang saatnya untuk menarik daftar Anda bersama-sama.
Carilah persimpangan identitas unik Anda dan target pasar Anda. Dalam hal
penawaran bisnis Anda, apa yang bisa Anda hilangkan dari daftar karena tidak
strategis? Kemudian berpikir untuk tidak fokus dalam mendapatkan konsumen yang
tidak menjadi target pasar Anda.
Misalnya, bisnis
restoran yang terfokus pada kesehatan dengan sajian makanan organik yang
mungkin akan melayani lebih banyak orang yang selaras dengan tren hijau. Jadi,
Anda mungkin dapat menyingkirkan orang yang lebih memilih makan makanan cepat
saji seperti hamburger dan pizza.
Hasil dari langkah
ini, Anda akan mempersempit fokus untuk apa yang paling sejalan dengan
identitas Anda dan yang paling menarik bagi target pasar Anda.
Langkah keempat:
Mengatur langkah terukurDapatkan sampai ke detail yang konkret dan terukur.
Strategi pemasaran Anda harus menjadi rencana yang meliputi review bulanan,
pelacakan dan pengukuran, perkiraan penjualan, anggaran biaya untuk kemajuan
pelacakan.
Langkah kelima:
Tinjau dan revisi
Sama seperti
dengan rencana bisnis Anda, rencana pemasaran Anda harus terus berkembang
bersama dengan bisnis Anda. Asumsi Anda akan berubah, sehingga beradaptasi
dengan perubahan bisnis. Beberapa bagian dari rencana tersebut juga akan
bekerja lebih baik daripada yang lain, sehingga meninjau dan merevisi sangat
krusial.
Referensi :
www.mochyusuf13.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar