1.
komunikasi dalam bisnis
Dengan timbulnya situasi
Economic of relatif plenty, dewasa ini setiap pengusaha harus berusaha untuk
dapat menutup jurang yang terbentang antara produsen dengan masyarakat konsumen
selaku calon pembeli atau pemakai barang atau jasa yang dihasilkannya. Menjadi
tugas dan tanggung jawabnya selaku seorang pengusaha untuk selalu dapat
mempengaruhi besarnya permintaan akan barang hasil produksi perusahaannya,
selalu berusaha untuk mencari pembeli dan pemakai barang yang dihasilkannya.
Sebagai pengusaha, ia harus memberitakan penyempurnaaan-penyempurnaan produksi
yang telah dicapainya, dimana barang yang dihasilkannya dapat diperoleh
masyarakat konsumen dan lain senbagainya. Atau dengan perkataan lain, setiap
pengusaha harus selalu memelihara konsumen dengan pasar.
Penyelenggara komunikasi dengan pasar, merupakan
suatu syarat mutlak bagi setiap produsen yang menghasilkan produk secara
besar-besaran yang ditujukan kepada kepada para konsumen yang tidak dikenalnya.
Penyelenggaraan komunikasi dengan pasar juga berarti suatu syarat mutlak bagi
setiap pengusaha yang ingin menjamin kelangsungan hidup perusahaannya dan terus
maju berkembang.
Dalam lingkungan bisnis, ada aneka sarana
komunikasi perdagangan yang dapat dipergunakan para pengusaha untuk
berkomunikasi dengan masyarakat konsumen. Sarana-sarana komunikasi perdagangan
yang tersedia antara lain adalah dalam wujud pengiriman surat, pengiriman
kawat, percakapan telepon, kunjungan pribadi, dan lain-lain.
2.
komunikasi dalam organisasi
Pentingnya komunikasi bagi
manusia tidaklah dapat dipungkiri begitu juga halnya bagi suatu organisasi.
Dengan adanya komunikasi yang baik suatu organisasi dapat berjalan dengan
lancar dan berhasil dan begitu pula sebaliknya, kurangnya atau tidak adanya
komunikasi organisasi dapat macet dan berantakan. Karena pentingnya komunikasi
dalam organisasi maka perlu menjadi perhatian pengelola agar dapat membantu
dalam pelaksanaan tugasnya Komunikasi yang efektif adalah penting bagi semua
organisasi. Oleh karena itu, para pemimpin organisasi dan para komunikator
dalam organisasi perlu memahami dan menyempurnakan kemampuan komunikasi mereka
(Kohler 1981).
REFERENSI
E learning
gunadarma komunikasi bisnis
www.google.com
Pusat
pengembangan bahan ajar UMB I Nyoman Yoga Segara komunikasi organisasi
Modul
pengantar ilmu komunikasi UNIVERSITAS MERCUBUANA (Ahmad Mulyana,M Si
http://cafe-ekonomi.blogspot.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar