UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI
Komunikasi mempunyai unsur-unsur antara lain :
A. SUMBER
Sumber adalah dasar yang digunakan dalam
penyampaian pesan dan digunakan dalam rangka memperkuat pesan itu sendiri.
Sumber tersebut didapat dari informasi,
internet, suatu lembaga, buku, dokumen dan lain-lain.
B. KOMUNIKATOR
Dalam komunikasi, setiap orang atau kelompok dapat
menyampaikan pesan-pesan komunikasi itu sebagai suatu proses dimana komunikator
dapat menjadi komunikan, dan sebaliknya.
- Penampilan
Penampilan harus
sesuai dengan tata krama dengan memperhatikan keadaan, serta waktu dan tempat.
- Penguasaan masalah
Seseorang yang
tampil atau ditampilkan sebagai komunikator haruslah betul-betul menguasai
masalahnya.
- Penguasaan bahasa
Komunikator harus
menguasai bahasa dengan baik. Penguasaan bahasa akan sangat membantu
menjelaskan pesan-pesan apa yang ingin kita sampaikan kepada audience.
C. PESAN
Pesan adalah keseluruhan dari apa yang disampaikan
oleh komunikator. Pesan dapat secara panjang lebar mengupas berbagai segi,
namun inti pesan dari komunikasi akan selalu mengarah kepada tujuan akhir
komunikasi itu.
- Penyampaian pesan
Melalui lisan, face to face, langsung menggunakan
media, saluran dan sebagainya.
- Bentuk pesan
a) Informatif
Bersifat
memberikan keterangan-keterangan / fakta-fakta, kemudian komunikan mengambil
keputusan.
b) Persuasif
Berisikan bujukan,
yaitu membangkitkan pengertian dan kesadaran manusia bahwa apa yang kita
sampaikan akan memberikan perubahan sikap, tetapi perubahannya adalah atas
kehendak sendiri.
c) Koersif
Penyampaian pesan
yang bersifat memaksa dan dengan menggunakan sanksi-sanksi apabila tidak
dilaksanakan.
Pesan yang disampaikan harus tepat, pesan yang mengena harus memenuhi
syarat-syarat sebagai berikut :
- Umum
- Jelas dan gamblang
- Bahasa yang jelas
- Positif
- Seimbang
- Penyesuaian dengan keinginan komunikasi
Beberapa hambatan-hambatan terhadap pesan yaitu :
- Hambatan bahasa ( language factor )
- Hambatan teknis ( noise factor )
D. CHANNEL / SALURAN
Chanel adalah saluran penyampaian pesan, biasa
juga disebut dengan media. Media komunikasi dapat dikategorikan dalam dua
bagian, yaitu media umum dan media masa.
E. KOMUNIKASI
Komunikasi dapat kita golongkan dalam tiga jenis,
yaitu personal, kelompok, dan massa.
1) Komunikasi personal
Komunikasi yang ditujukan kepada sasaran yang
tunggal.
2) Komunikasi kelompok
Komunikasi yang
ditujukan kepada kelompok tertentu. Contoh : ceramah, breefing, dan lain-lain.
3) Komunikasi massa
Komunikasi massa
sangat efisien karena dapat menjangkau daerah yang luas dan audience yang
praktis tak terbatas, namun komunikasi massa kurang efektif dalam pembentukan
sifat personal karena komunikasi massa tidak kemudian dapat langsung diterima
oleh massa, tetapi melalui opinion leader yang kemudian menterjemahkan apa yang
disampaikan dalam komunikasi massa itu kepada komunikan.
F. EFEK
Efek adalah hasil akhir dari suatu komunikasi,
yaitu sikap dan tingkah laku orang, sesuai atau tidak sesuai dengan yang kita
inginkan.
1) Personal opinion
Personal opinion adalah sikap dan pendapat
seseorang terhadap sesuatu masalah tertentu.
2) Public opinion
penilaian sosial
mengenai sesuatu hal yang penting dan berarti atas dasar pertukaran pikiran
yang dilakukan individu secara sadar dan rasional.
3) Majority opinion
Pendapat sebagian terbesar dari publik atau
masyarakat.
G. FAKTOR-FAKTOR YANG DIPEHHA TIKAN DALAM PROSES KOMUNIKASI
1) Empat tahap proses komunikasi
Menurut Cutlig dan
Center komunikasi yang efektif harus dilaksanakan dengan melalui empat tahap, yaitu
:
a. Pengumpulan Fakta
Mengumpulkan data dan fakta sebelum seseorang
melakukan kegiatan komunikasi.
b. Perencanaan
Berdasarkan fakta
dan data itu dibuatkan rencana tentang apa yang akan dikemukakan dan bagaimana
mengemukakannya.
c. Komunikasi
Setelah planning disusun maka tahap selanjutnya
adalah communication atau berkomunikasi.
d. Evaluasi
Penilaian dan analisa diperlukan untuk setiap kali
melihat bagaimana hasil komunikasi tersebut.
2) Prosedur mencapai effect yang dikehendaki
Wilbur Schraam
mengatakan : untuk mendapatkan effect yang baik dari komunikasi maka prosedur
yang ditempuh adalah apa yang disebut sebagai “ A-A Procedure “ yaitu proses
dari Attention ( perhatian ) ke Action (tindakan).
Lebih jelasnya proses tersebut dapat dilihat
sebagai berikut:
- Attention ( perhatian )
- Interest ( kepentingan )
- Desire ( keinginan )
- Decision ( keputusan )
- Action ( tindakan )
REFERENSI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar